Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi-Keyboard merupakan salah satu komponen laptop yang  rawan rusak. Dimulai dari tombol keyboard yang salah memasukkan character, tombol keyboars tidak berfungsi sebagian, sampai tombol tidak berfungsi seluruh bagiannya. Maka kali ini Clever akan memberitahu sebagian cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak tersebut.


Rata- rata untuk memperbaiki keyboard yang rusak kita wajib mengenali terlebih dulu penyebabnya,apakah tertumpuk debu,tersiram air serta yang lain. Akan tetapi kadang kadang keyboard laptop kerap error tiba tiba tanpa diketahui secara pasti apa penyebabnya.

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyeb Keyboars Laptop Tidak berfungsi!

Dikutip dari sekian banyak sumber, apabila keyboard laptop tidak berfungsi sebagian ataupun malahan seluruhnya, Bisa terjadi dikarenakan masalah pada aplikasi ataupun hardware.


Tapi, apakah cuma itu saja ataupun terdapat masalah yang lain? Nah saat sebelum kita berfokus pada cara memperbaiki keyboard laptop, kalian wajib tahu pemicu keyboard tidak berfungsi dengan baik.

Berikut pemicu keyboard laptop tidak berfungsi:

  • Terkena Tumpahan Barang Cair: Otomatis tentu bakal membuat keyboard konslet.
  • Terpapar Debu maupun kotoran: Debu ataupun kotoran yang menyelip di sela- sela keyboard dapat buatnya tidak berfungsi sebagian maupun sama sekali.
  • Kendala Pada Hardware: Meliputi bantalan pada keyboard yang telah longgar maupun tidak sensitif.

Apabila sudah begitu secara otomatis kita wajib berupaya mencari langkah revisi darurat sembari mengira- ngira apakah pemicu kerusakannya tersebut. Nah, berikut merupakan sebagian langkah revisi darurat tersebut yang dapat Kamu jalani di rumah saat sebelum memutuskan buat membawanya ke tempat servis.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

1. Restartlah Laptop

Restartlah Laptop


Merestart laptop ialah langkah awal yang harus Kamu jalani saat sebelum menerapkan cara yang lain. Merestart laptop bisa memperbaiki ratusan permasalahan pada sistem operasi secara langsung. Bila tidak dapat direstart, Kamu bisa menekan tombol power sampai laptop tersebut mati. Bila sehabis direstrat keyboard masih tidak berfungsi, silahkan coba langkah- langkah selanjutnya.

2. Mengecek NumLock

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi
Photo by Aykut Eke on Unsplash


Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik terkadang diakibatkan oleh kita sendiri. Salah satu yang paling sering terjadi adalah Num Lock aktif akibat kita menekan kombinasi tombol tertentu. sehingga Num Lock aktif, sehingga character yang keluar umumnya berbeda dengan tombol yang ditekan.


Buat mematikan Num Lock tersebut, silahkan tekan tombol“ Fn” +“ NumLk” di keyboard. Untuk beberapa tipe laptop, menekan“ Capas Lock” +“ NumLk” pula bisa mematikannya. Silahkan datangi/hubungi customer support dari produsen laptop Kamu untuk bertanya cara mematikan Num Lock bila kedua campuran di atas tidak berfungsi.

3. Permasalahan Driver

Permasalahan pada driver bisa mengakibatkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Menurut PCMag, perihal tersebut umumnya terjadi pada saat Kamu menginstal aplikasi pihak ketiga, terserang virus, dll. Untuk mengeceknya, silahkan buka Device Manager setelah itu simaklah bagian keyboard.


Bila di situ ada kode segitiga bercorak kuning, sudah dioastikan driver keyboard tersebut bermasalah. Silahkan unduh driver terbarunya di web produsen laptop yang Kamu miliki. Cara ini pula bisa Kamu jalani bila keyboard tidak ditemukan oleh laptop.

4. System Restore

Apabila keyboard tidak berfungsi dengan baik setelah menginstal sesuatu program, maka lakukan system restore. Triknya untuk Windows 8 serta Windows 7, buka Start Menu setelah itu search“ Recovery”.Dan untuk Windows XP klik Start→ All Programs→ Accessories→ System Tools, kemudian pilih System Restore.


Melakukan system restore mengakibatkan laptop bakal kembali pada kondisi saat sebelum menginstal program bermasalah tersebut.Semua progam yang telah diinstal sesudah menginstal progam bermasalah akan otomatis terhapus. Oleh sebab itu, back up terlebih dulu semua file yang pengting.

5. Bersihkan Debu serta Kotoran

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi

Salah satu pemicu yang sering menyebabkankerusakan pada keyboard laptop ialah kotoran dan debu.Kotoran dan debu sering terselip di antara tombol keyboard sehingga menutupi komponen di dalamnya.kotoran yang menumpuk, mengakibatkan keyboard ttidak berfungsi.


Cara termudah mebersihkan debu itu dengan memiringkan ataupun membalikan laptop sampai 45 hingga 75 derajat sembari menggoyangkannya. Kamu pula bisa memakai mesin pembersih untuk keyboard yang pada umumnya berbentuk vacuum kecil untuk menyedot dan menghilangkan debu.


apabila keyboard laptop Kamu tidak error karena tersiram air,Kamu wajib mengeringkan bagian dalamnya. Copotlah tombol- tombolnya, setelah itu bilas papan sirkuitnya dengan memakai kain halus ataupun cotton buds yang sudah diberi sedikit alkohol.


Membebaskan tombol- tombol pada keyboard memanglah lumayan susah serta memerlukan kemampuan tertentu. Bila Kamu belum menguasainya hingga lebih baik buat tidak melaksanakannya sebab dapat jadi malah hendak menaikkan kehancuran pada keyboard laptop tersebut.

6. Lepas Baterai Laptop

Apabila sebagian tombol di keyboard laptop yang tidak berfungsi, cobalah lakukan reset. Dengan cara ini umumnya keyboard yang tidak berfungsi akan kembali berfungsi. Triknya ada dibawah ini:

  • Shut down laptop.
  • Lepaskan baterai serta kabel adapter, kemudian diamkan laptop selama 1 menit.
  • Tekan serta tahan tombol power laptop selama 60 detik.
  • Masukan kembali baterai.
  • Hidupkan kembali laptop.

7. Konektor Terlepas

Kasus keyboard yang tidak terdeteksi bisa diatasi dengan menginstal driver. Tetapi bila keyboard Kamu masih belum terdeteksi, kemungkinan besar ada masalah pada konektornya, semacam rusak, tertekuk, renggang, ataupun apalagi dapat hingga terlepas.


Untuk memperbaiki masalah itu, Kamu butuh membuka keyboard tersebut dan menghubungkan kembali konektornya. Silahkan buka video bimbingan yang banyak tersebar di YouTube. Tetapi saya sarankan untuk diserahkan kepada ahlinya supaya tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

8. Ganti Keyboard Bawaan

Apabila konektor keyboard di laptop tersambung namun keyboard Kamu tidak berfungsi, cara memperbaikinya yakni dengan mengganti keyboard bawaan laptop. Cara ini pula menjadi pemecahan masalah keyboard rusak terbaik buat kasus sebagian tuts keyboard yang tidak berjalan dengan baik.


Buat mengubah keyboard bawaan, Kamu dapat mencari keyboard di toko online dengan menuliskan jenis laptop tersebut. Misalnya, Kamu memiliki laptop ASUS X411MA serta sebagian tuts keyboard di laptop tersebut rusak, Kamu lumayan mencari di toko online dengan kata kunci“ Keyboard ASUS X411MA”.


Sehabis itu, Kamu tinggal beli lalu pasang sendiri dengan membuka laptop tersebut. Bila Kamu tidak berani serta tidak ingin mengambil resiko, Kamu dapat mencari jasa pergantian keyboard laptop ke tempat service tertentu atau apabila laptop masih dalam masa garansi, Kamu bisa mengklaim garansi pergantian keyboard laptop ke produsen.

9. Pakai Keyboard USB ataupun Wireless

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi
Keyboard


Apabila semua cara memperbaiki keyboard laptop di atas telah dicoba tetapi tidak sukses,  Kamu wajib membawanya ke tempat servis. Dan jika masih masa garansi,  Kamu bisa claim garansi itu. Tetapi bila garansinya telah hangus, hingga Kamu wajib membayar bayaran servis ataupun bayaran penggantian unit keyboard baru.


Nah,Apabila Kamu merasa harga servis laptop  mahal, Kamu bisa memakai keyboard USB untuk sementara waktu.


USB ini bisa digunakan secara langsung cuma dengan menghubungkannya ke port USB. Biayanya juga lumayan murah pada kisaran Rp 50. 000.


Bila Kamu kurang sreg dengan keyboard USB, hingga Kamu pula bisa memakai keyboard wireless. Keyboard wireless berfungsi dengan memakai jaringan Bluetooth sehingga lebih instan serta tidak sangat banyak memakan tempat.

10. Pakai On-Screen Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi
Screen Keyboard


Apabila tidak sempat membeli keyboard USB tetapi Kamu sangat memerlukan keyboard untuk mengetik,cobalah  memakai on- screen keyboard. Untuk memakainya lakukan cara dibawah ini

  • buka lah Start
  • Program
  • Accessories
  • Accessibility, setelah itu seleksi On- Screen Keyboard.

On- Screen Keyboard ini berfungsi seperti keyboard biasa.Namun, Kamu wajib mengoperasikannya dengan  mouse ataupun touchpad. Sangat merepotkan,akan  tetapi sangat bermanfaat bila dibutuhkan dalam keadaan terdesak.

Cara Menjaga Keyboard Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak

Setelah membaca artikel diatas kalian pasti tidak ingin keyboard laptop kalian rusak.Berikut rangkuman pendek cara menjaga keyboard laptop supaya tidak cepat rusak:

  • Pakai Keyboard Cover: Gunakan susunan spesial dari silikon buat melindungi keyboard dari debu serta barang asing.
  • Jangan Menekan Tombol Keyboard terlalu Kencang: Keyboard laptop sangat rapuh, lembutlh  jika ingin mengetik, jangan sangat seperti orang marah..
  • Pakai Keyboard Eksternal: Jika kalian merasa terlalu cepat saat mengetik, lebih baik pakai keyboard eksternal.
  • Jangan menaruh Barang yang Berat di Atas Keyboard:hal ini dapat merangsang bantalan keyboard laptop kian longgar serta tidak sensitif.
  • Hindarkan dari Cairan: Bila hingga terserang cairan, keyboard laptopmu otomatis bakal konslet serta dapat membahayakan hardware laptopmu sendiri.

Seperti itu sebagian langkah yang bisa Kamu lakukan guna memperbaiki keyboard pada laptop yang rusak atau tidak berfungsi. Cara memperbaiki keyboard laptop di atas cumalah sebagian dari banyak cara yang bisa dicoba bergantung dari merk laptop yang Kamu miliki. Silahkan datangi service center bila keyboard laptop Kamu memaangl tidak dapat diperbaiki. Selamat mencoba!saya doakan keyboar kalian dapat kembali berfungsi. 


Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak dan Tidak Bisa Berfungsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel