6 Cara Ampuh Menghindari Begal Saat Berkendara Motor

Cara Ampuh Menghindari Begal Saat Berkendara Motor-Banyaknya tindak kriminal saat berkendara membuat para pengendara motor resah atas keselamatan nyawa mereka dan harta benda mereka mereka. Banyak dari pelaku begal motor ini sembrono dan melakukannya di siang bolong. Biasanya, semua harta benda korban dirampok, namun jarang yang meninggal.

Cara Ampuh Menghindari Begal Saat Berkendara Motor
Cara Ampuh Menghindari Begal Saat Berkendara Motor


Mengingat betapa berbahayanya kejahatan ini. Oleh karena itu, pengendara sepeda motor dihimbau untuk berhati-hati saat berkendara di jalan raya. Selain harus menggunakan perlengkapan mengemudi yang lengkap. Anda juga harus tetap waspada setiap saat, terutama saat Anda berkendara melalui jalan yang sepi di malam hari.

Oleh karena itu, hindari risiko menjadi korban pembegalan saat mengemudi. Anda dapat menggunakan metode berikut.

Cara Jitu Menghindari Begal Saat Berkendara

1.Hindari Jalanan Sepi dan Gunakan Jalan Yang Sering Anda Lewati.

Seperti yang saya katakan di atas, para pelaku begal motor biasanya  beraksi di jalan yang sepi. Hal ini dilakukan untuk menghindari keramaian dan meningkatkan presentasi keberhasilan mereka dalam membegal.

Nah, jika Anda terpaksa harus melewati jalan yang sepi di malam hari. Cara terbaik adalah mencari rute alternatif yang familiar dan sering anda gunakan untuk bepergian. Apalagi saat jalanan ramai dan banyak orang lewat. Walaupun tidak 100% aman dari pembegalan kalian bisa lebih merasa aman dan lebih tenang saat berkendara.

2.Jangan Pergi Sendirian

Anda dapat mengundang teman untuk menemani anda saat berpergian menggunakan sepeda motor. Dengan membawa pendamping travelling, peluang pembegalan atau perampokan pasti berkurang. Sebab, biasanya para penjahat hanya mengincar pengemudi yang menyetir sendiri karena dianggap lemah dan mudah diancam.

3.Tekan klakson terus menerus saat dibuntuti pengendara misterius

Jika Anda merasa seperti dikejar oleh orang misterius dari belakang. Cobalah untuk mengontrol diri sendiri, pastikan untuk tetap tenang dan fokus ke depan. Selain itu, Anda dapat menekan tombol klakson secara terus menerus tanpa henti untuk menarik perhatian pengemudi lain yang mungkin berada di depan atau di belakang Anda.

4.Gunakan peralatan berkendara yang lengkap

Helm, jaket, sarung tangan dan sepatu adalah beberapa perlengkapan berkendara untuk memastikan keselamatan pengendara. Selain menghindarkan Anda dari risiko cedera yang tidak disengaja seperti cedera ringan, perangkat ini juga dapat melindungi diri Anda saat menghadapi penjahat.

Harap gunakan helm dengan standar SNI, karena dapat dipastikan dapat dengan aman melindungi kepala Anda dari benda tumpul atau benda tajam. Selain itu, jika penjahat menusuk pisau ke tubuh Anda, mantel tebal juga dapat mengurangi risiko cedera.

5.Periksa komponen motor sebelum berkendara

Sebelum berkendara, sebaiknya periksa semua kondisi komponen motor yang terpasang. Hal ini untuk mencegah kendaraan Anda mogok di tengah jalan. Apalagi saat lokasi mogok relatif sepi dan pengemudi lain jarang mogok.

Periksa setiap bagian penting dari busi, karburator, ban motor, rantai, aki, dll. Pastikan semuanya dalam kondisi baik agar tidak ada kendala saat berkendara.

6.Bawa senjata untuk perlindungan diri

Saat Anda menemui kejadian yang tidak terduga (seperti dirampok), tidak ada salahnya anda membawa senjata . Anda tidak perlu membawa benda tajam atau senjata berbahaya lainnya, Anda bisa menggunakan alat sederhana seperti semprotan cabai atau semprotan merica.

Anda dapat meletakkan perangkat di saku mantel yang mudah dijangkau dan membawanya ke hadapan penjahat secepat mungkin. Saat mereka sibuk dengan sakit mata, Anda bisa meluangkan waktu untuk melarikan diri.

Selain itu, Anda juga bisa membekali diri dengan shocking vertigo yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko online. Alat tersebut bekerja dengan cara menyuplai listrik kepada para pelaku kejahatan tersebut, membuat mereka kaget dan tidak sadarkan diri.

Itulah beberapa cara menhindari begal yang dapat mimin bagikan.Pada dasarnya para pengendara harus tetap waspada walaupun sudah mempersiapkan dan melakukan tips menghindari begal diatas dikarenakan pembacana bisa datang kapan saja. Jangan lupa untuk membaca Cara Menghindari Razia Polisi di Jalan Agar Tidak Kena Tilang.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Ampuh Menghindari Begal Saat Berkendara Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel