Cara memilih Bensin yang benar agar tidak rugi

Panduan Memilih Bahan bakar Untuk Sepeda Motor 

Cara memilih Bensin yang benar agar tidak rugi




Panduan Memilih Bensin Motor- Bahan bakar( bensin) ialah kebutuhan pokok untuk setiap kendaraan bermotor, tidak terkecuali sepeda motor. Dikala ini di SPBU( Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) memiliki  banyak opsi untuk bahan bakar, dimana tiap tipe bensin mempunyai nilai oktan yang berbeda.

Yang satu memiliki nilai oktan yang tinggi yang lain memiliki nilai oktan yang redah.

Pemakaian bahan bakar minyak( BBM) yang pas membuat proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Perihal tersebut berakibat pada performa mesin sepeda motor jadi lebih baik, mengkonsumsi bahan bakar lebih irit serta usia mesin jadi lebih panjang.

 Sebab itu, owner motor harus mencermati dan memilih bahan bakar yang cocok untuk tipe bahan bakar yang cocok dengan spesifikasi mesin motornya saat sebelum membeli. Terdapat beberapa hal yang butuh dicermati saat sebelum membeli bahan bakar:


Cara Memilih Bensin Motor


1. Ketahuilah tinggi rasio kompresi mesin

Salah satu metode dalam memilah bahan bakar yang pas merupakan dengan memandang rasio kompresi mesinnya. Angka rasio kompresi mesin sepeda motor bisa dilihat dalam catatan Pedoman Owner yang di dapat saat pengendara membeli sepeda motor.

Semak besar nilai rasio kompresinya, maka diperlukan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih besar. Rasio Kompresi Mesin merupakan rasio antara volume silinder serta ruang bakar kala piston terletak di titik mati dasar dengan volume ruang bakar dikala piston terletak di titik mati atas. 

Misalnya, silinder serta ruang bakar dengan piston terletak di titik mati dasar berisi 1000 cc hawa. Kala piston sudah pindah ke titik mati atas, volume tersisa dalam kepala ataupun ruang bakar jadi 100 cc, hingga rasio kompresi hendak sepadan ditafsirkan selaku 1000: 100, ataupun dengan pecahan pengurangan, rasio kompresi 10: 1.

Ini juga bisa kalian gunakan saat ingin membeli motor baru, dengan melihat perbandingan kompresi bahan bakar.dan kalian juga bisa memilih pakai bensin apa yang cocok untuk motor kalian.


2. Kenali Nilai RON BBM


Nilai oktan bahan bakar yang sangat umum di segala dunia merupakan nilai Research Octane Number( RON). Dikala ini, ada opsi bensin dengan nilai oktan terendah RON 88 sampai paling tinggi RON 98. Nilai oktan ialah angka yang membuktikan seberapa besar tekanan yang dapat diberikan saat sebelum bensin dibakar secara otomatis.

Terus menjadi besar nilai RON terus menjadi besar tenaga yang bisa dihasilkan demikian pula terus menjadi besar rasio kompresinya terus menjadi besar tenaga yang bisa dihasilkan, sehingga rasio kompresinya yang besar pastinya membutuhkan nilai RON yang besar pula.

 Terus menjadi besar nilai oktan berarti terus menjadi besar pula ketahanan terhadap tekanan. Ataupun dengan kata lain, diperlukan tekanan lebih besar serta waktu lebih lama dalam proses pembakaran. Berlaku kebalikannya dengan bahan bakar oktan lebih rendah.


3. Dampak Pemakaian Jenis Bahan Bakar Motor Yang Tidak Sesuai


Pemakaian bensin yang tidak cocok dengan spesifikasi mesin dalam jangka panjang dapat memunculkan permasalahan semacam mesin mengelitik( knocking) serta penimbunan deposit sisa pembakaran yang tidak sempurna. Bila terjalin terus menerus, sangat berpotensi memunculkan kehancuran pada komponen mesin. 

Misalnya pemakaian bensin oktan besar pada mesin kompresi rendah. Bensin dengan oktan besar memerlukan tekanan lebih besar serta proses pembakaran lebih lama. Sehingga mesin jadi kesusahan membakar bensin dengan oktan yang lebih besar, dampaknya tenaga mesin hendak kurang optimal serta nyatanya lebih boros dari sisi bayaran.

Perihal itu berlaku kebalikannya pada pemakaian bensin oktan rendah pada mesin berkompresi besar. Terdapat mungkin bensin hendak dibakar saat sebelum busi memercikkan api, Perihal inilah yang memunculkan terbentuknya knocking serta penimbunan deposit sisa pembakaran sebab proses pembakaran tidak sempurna. Dengan kata lain, pemakaian bensin dengan oktan besar tidak membuat kerja mesin jadi lebih baik bila tidak cocok dengan spesifikasi mesinnya.


Tidak hanya permasalahan bahan bakar, perawatan berkala juga perlu dilakukan untuk melindungi performa motor jadi senantiasa maksimal. Bawalah motor  kesayangan ke bengkel resmi terdekat untuk  medapatkan perawatan serta suku cadang terbaik dari bengkel resmi motor anda.

Jadi apa kalian sudah memutuskan untuk menggunakan bahan bakar apa yang akan digunakan untuk motor kesayangan anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara memilih Bensin yang benar agar tidak rugi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel