5 Tips sebelum membeli software akuntansi | Pengertian software akuntansi

Tips sebelum membeli software akuntansi


Tips sebelum Membeli Software Akuntansi-Apa anda pernah terpikirkan untuk membeli Software Akuntansi?saya yakin kalian para akuntan pasti ingin membeli sofware ini.Jika anda familiar dengan proses ankuntasi,Anda pasti mengerti betapa rumitnnya itu,buku besar, laporan akun, debit, dan kredit tidak bisa lepas dari para akuntan.Dalam upaya untuk menyederhanakan proses akuntansi, sejumlah produsen telah membuat Software khusus untuk para akuntan.

Sebelum masuk topik utama saya akan menjelaskan apa itu Accounting Software

Pengertian Accounting Software Secara Umum

Accounting software adalah program aplikasi yang khusus untuk dirancang mengelola pencatatan transaksi usaha.Akuntan perusahaan memang menggunakan program ini, sehingga data transaksi dapat dikelola dengan lebih mudah. Beberapa data yang akan dicatat oleh program ini antara lain data tentang pembelian, penjualan, pembayaran gaji, data laporan, dan data lain yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan.

Program software akuntansi sendiri memiliki berbagai fungsi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Karena Software akuntansi adalah aplikasi berbayar, harganyapun berbeda-beda, tergantung pada seberapa kompleks program menjalankan fungsinya. Semakin banyak fungsi dan fitur yang disediakan maka akan semakin mahal harganya. Oleh karena itu, Anda harus dengan bijak menentukan program perangkat lunak yang tepat untuk perusahaan Anda.

Manfaat Accounting Software

1.Keamanan Data

Semua data di perusahaan (mulai dari data karyawan, data keuangan, data penjualan, dan riwayat transaksi) sangat penting dan tidak boleh disebarluaskan kepada publik yang tidak berkepentingan. Oleh karena itu, dengan menggunakan program akuntansi ini, semua data akan disimpan di file server. Kalaupun Anda mengaksesnya, Anda memerlukan kode tersendiri agar datanya lebih aman.

2.Meminimalisir Biaya Perusahaan

Umumnya, dalam sebuah perusahaan, jika Anda ingin mengelola data keuangan dengan baik, Anda membutuhkan lebih dari 3 akuntan. Dalam hal pembayaran gaji tentu menjadi beban bagi perusahaan.

Namun, dengan menggunakan software akuntansi, semua tugas kompleks dapat dilakukan dengan lebih mudah. Pengumpulan data akan berjalan secara otomatis, dan kinerja akuntan terpenuhi, sehingga Anda hanya dapat mempekerjakan satu atau dua akuntan.

3.Meningkatkan Produktivitas Akuntan

Dengan dukungan teknologi informasi berupa software akuntansi maka kinerja akuntan juga akan lebih cepat. Dengan kata lain, software tersebut dapat meningkatkan produktivitas karyawan yang tentunya akan berdampak positif bagi perusahaan. Misalnya, ketika seorang akuntan ingin mencatat laporan di sebuah buku, tidak perlu menyiapkan tumpukan buku sekarang. Karena semua ini akan dikelola secara otomatis dengan satu klik melalui software akuntansi.

4.Kegiatan Bisnis Lebih Mudah

Kesalahan dalam penginputan data merupakan hal terpenting yang harus dihindari dalam suatu perusahaan. Meski terkesan sepele, kesalahan kecil seperti ini bisa membuat bisnis kerugian besar. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan software akuntansi karena program akan merekam data secara efisien dan memiliki kesalahan yang sangat kecil. Dengan pendataan yang tepat, produktivitas perusahaan pasti akan meningkat. Selain itu, penyerapan sumber daya manusia di departemen lain di perusahaan juga dapat dimaksimalkan. Oleh karena itu secara tidak langsung iklim organisasi perusahaan juga akan meningkat yang sangat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan.

Sebelum memutuskan salah satu program perangkat lunak akuntansi tertentu, ingatlah tips berikut:

Tips Sebelum Membeli softwarwe

1.Lihatlah review dari orang lain

banyak toko khusus perangkat lunak online populer yang memungkinkan umpan balik produk dari pelanggan, Anda akan memiliki kesempatan untuk membaca ulasan yang dapat membantu membuat keputusan Anda lebih mudah berdasarkan pengalaman orang lain. Perhatikan ulasan pelanggan saat berbelanja perangkat lunak.

2.Lihat spesifikasi software akuntansi

Sebelum membeli anda harus melihat spesifikasi software harus memastikan bahwa software akuntansi yang akan anda beli kompatibel dengan komputer Anda dan bahwa semua persyaratan PC terpenuhi sebelum membeli produk. Banyak program perangkat lunak memerlukan jenis prosesor tertentu, dll. Agar perangkat lunak berfungsi dengan baik, komputer Anda harus dapat menangani semua aplikasi yang terkandung di dalamnya. Dengan terbiasa dengan konfigurasi komputer Anda, Anda akan dapat membuat pilihan yang lebih baik ketika tiba saatnya untuk membeli perangkat lunak akuntansi baru Anda.

3.Lakukan Demo dan perhatikan antarmuka Software

untuk software akuntansi, anda harus membaca tentang deskripsi dan kemampuan program. Anda harus memastikan bahwa Anda sudah terbiasa atau Anda akan merasa nyaman dalam mempelajari cara menggunakannya. Alasannya, banyak pengecer yang tidak akan menerima software yang sedang dikembalikan jika sudah dibuka. Jadi, sebelum Anda membeli, pertimbangkan untuk mengunduh versi uji coba atau membeli program perangkat lunak akuntansi yang sudah Anda kenal.

4.Lihat latar belakang software dan  pembuat software

Anda harus memastikan software yang anda gunakan aman dan memiliki reputasi baik. Ini akan memastikan layanan pelanggan yang cepat, keandalan, jaminan produk, dan pengiriman tepat waktu. Dengan membeli perangkat lunak dari Penjual  yang memiliki reputasi baik, Anda juga akan mendapatkan ketenangan pikiran dalam mengetahui bahwa software asli dan bukan salinan ilegal. Cara paling efektif untuk memeriksa reputasi bisnis adalah melalui Biro Bisnis.

5.Lihat layanan Jurnal

Ini adalah hal yang paling sering di abaikan dengan melihat layanan jurnal kalian dapat melihat dan menegetahui tentang kebijakan pengembalian, pengembalian dana, dan/atau pertukaran perusahaan. Meskipun sebagian besar pengecer tidak akan mengembalikan dana pembelian jika perangkat lunak telah dibuka, mereka mungkin bersedia menukarnya dengan judul yang tepat jika program rusak atau rusak.

Mungkin segitu dulu pembahasan tentang Tips sebelum membeli software akuntansi.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips sebelum membeli software akuntansi | Pengertian software akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel